Penumpang Perjalanan Darat Tak Wajib Ulangan Antigen saat Berlibur

Penumpang Perjalanan Darat Tak Wajib Ulangan Antigen saat Berlibur

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

PEMERINTAH tidak mewajibakan penumpang kunjungan darat melakukan rapid test antigen saat pergi berlibur di tutup tahun. Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan, sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020, syarat hasil tes antigen cuma bersifat imbauan kepada penumpang dalam mobil atau bus.

“Bersifat imbauan. Tapi, dalam waktu tertentu bisa dilakukan random checking oleh satgas kawasan, ” ungkp Adita kepada Jalan Indonesia, Senin (21/12).

Pemeriksaan acak sebab petugas nantinya, kata Adita, tergantung oleh Satgas daerah masing-masing. Sebab karenanya, dia berpesan agar pengikut darat tetap mengantisipasi dengan mendatangkan hasil rapid test antigen minus saat berlibur Natal atau Tahun Baru ke luar kota.

“Kalau yang di darat, ketika di random checking tidak bisa menunjukkan, sungguh akan dites di tempat, ” jelas Adita.

Baca juga: Antre Tes Antigen di Bandara Soekarno-Hatta

Dalam SE Cetakan 3 Tahun 2020 yang dikeluarkan Satgas Covid-19 menyebutkan, untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam pulau Jawa (antar Provinsi/Kab/Kota), pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara serta kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif memakai rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam pra keberangkatan.

Sedangkan, untuk perjalanan ke Pulau Bali, pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara wajib membuktikan surat keterangan hasil negatif memakai tes RT-PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

“Kalau yang penjelajahan non darat tidak menunjukkan buatan tes antigen, ya pastinya tidak bisa naik kendaraan tersebut, ” pungkas Adita.

Pihaknya pun segera mengeluarkan SE Kemenhub terbaru dalam pengetatan pergerakkan warga saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. (OL-4)