Nusantara

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

ANGKA kesembuhan Covid-19 pada Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah. Hingga Selasa (27/4), angka kesembuhan telah mencapai 80, 7% atau 11. 805 orang.

Besar Dinas Kesehatan NTT dokter Messe Ataupah mengatakan nilai kesembuhan covid-19 tertinggi di Kabupaten Sabu Raijua serta Manggarai Timur masing-masing 98%. Sedangkan angka kesembuhan terendah di Sumba Barat Gaya 36%.

“Sekarang, setelah dirawat 7-10 hari dan tidak ada gejala, virusnya dianggap tidak infeksi lagi, ” katanya dalam Pertemuan Bakohumas II Pemprov NTT pada Kupang, Selasa (27/4).

Pertemuan tersebut membahas langkah strategis pemerintah dalam menjamin ketersediaan pangan dan menekan laju penyebaran covid-19 pascasiklon Tunjung. Menurutnya sejak Siklon Seroja yang menerjang wilayah NTT 4-5 April 2021, kasus covid-19 menunjukkan peningkatan.

Ia mencontohkan pada 4 April, terjadi tambahan 19 kasus baru. Angka itu langsung melonjak setiap hari dan mencapai puncaknya pada 16 April tercatat 203 urusan baru. Jumlah kasus lalu menurun tetapi meningkat sedang pada 21 Aprilsebanyak 116 orang, namun pada hari yang sama, angka kesembuhan mencapai 366 orang.

Menurutnya, pemerintah telah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran covid-19 pada pengungsian mulai dari menyiapkan fasilitas protokol kesehatan, pengkajian lokasi dan kapasitas wadah evakuasi sementara (TES), serta tempat evakuasi akhir (TEA) pengungsi.

Pengkajian tersebut bertujuan agar ada pemisahan peristiwa positif covid-19 dan penyakit menular lainnya dengan pelarian yang sehat. Selain itu dibagikan sarana dan infrastruktur serta fasilitas untuk implementasi protokol kesehatan seperti tirta bersih, peralatan cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer, jamban, tempat sampah, kedok, alat pelindung diri serta termometer. “Petugas juga melaksanakan disinfeksi lokasi pengungsian, ” ujarnya.

Dokter Ataupah serupa mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara cermat meskipun sudah disuntuk vaksin covid-19. “Sampai saat ini, satu-satunya mencegah covid-19 merupakan dengan menerapkan protokol kesehatan tubuh yakni memakai masker, membasuh tangan, dan menjaga renggang aman, ” katanya. (OL-15)