Australia Hentikan Uji Coba Vaksin Covid-19

Australia Hentikan Uji Coba Vaksin Covid-19

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

OTORITAS Australia sah menghentikan pengembangan vaksin covid-19. Menyusul, uji klinis yang menunjukkan hasil HIV positif palsu di antara subjek yang terlibat dalam pemeriksaan tahap awal.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan hasil itu mendorong pemerintah untuk membatalkan program pembelian jutaan dosis kandidat vaksin lokal. Serta, meningkatkan pesanan vaksin alternatif dari AstraZeneca dan Novax.

“Vaksin Universitas Queensland tidak dapat dilanjutkan berdasarkan saran ilmiah. Itu serupa tidak menjadi bagian dari agenda vaksinasi covid-19 di Australia, ” jelas Morrison, Jumat (11/12).

Menangkap juga:   Wah, Semua Warga  Jepang  Dapat  Vaksin  Covid-19  Gratis

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt menyebut kandidat vaksin yang masih dalam uji coba fase baru di Universitas Queensland, menggunakan sebesar protein HIV sebagai penjepit molekuler. Namun, memicu tanggapan antibodi yang dapat mengganggu skrining HIV.

Walau vaksin terbukti menjanjikan dalam menekan infeksi covid-19 dan tidak ada peluang penularan HIV, pengembangan tetap dihentikan. Sebab, dikhawatirkan dapat merusak kepercayaan publik terhadap vaksinasi.

Baca pula:   UE Nilai  Inggris  Sungguh-sungguh Terburu-buru Beri Izin  Vaksin Covid-19

“Ini mungkin akan bekerja dengan sangat baik sebagai vaksin. Namun, kami tidak boleh memiliki urusan dengan kepercayaan publik, ” kata Sekretaris Departemen Kesehatan Brendan Murphy.

Profesor Paul Young dari Universitas Queensland bersikeras bahwa protein HIV yang digunakan dalam vaksin tidak kritis. Serta, tidak menimbulkan risiko kesehatan tubuh bagi peserta uji coba vaksin.

Pemerintah menyatakan keputusan ini tidak menukar rencana peluncuran vaksin covid-19 pada Maret 2021. Hingga saat tersebut, kasus positif covid-19 di Australia mencapai 28 ribu orang, secara 900 kasus kematian. (CNA/OL-11)